Senin, 03 Agustus 2009

Facebook Sebabkan Bunuh Diri


INILAH.COM, Jakarta – Hati-hatilah menggunakan Facebook, karena situs jejaring sosial semacam itu bisa mendorong bunuh diri. Situs jejaring sosial membangun hubungan sejenak, dan tak akan bertahan lama.

Kepala gereja Katolik Inggris Vincent Nichols menilai situs semacam Facebook dan MySpace mendorong remaja melihat pertemanan sebagai komoditas. Situs seperti itu mendorong remaja untuk membangun “hubungan sejenak” dan tak akan bermakna lagi jika jaringan sosial itu terhenti.

“Hubungan lewat internet dan ponsel menghilangakn faktor kemanusiaan dalam kehidupan komunitas,” katanya.

Komentar itu muncul setelah kematian anak sekolah berusia 15 tahun di Inggris yang overdosis karena berlebihan menelan obat penghilang rasa sakit. Remaja itu over dosis setelah merasa terintimidasi di situs jejaring sosial Bebo.

Megan Gillan (15) menelan tablet penghilang rasa sakit secara berlebihan, malam sebelum ujian. Kematiannya itu setelah teman sekolahnya memposting hinaan di halaman webnya.

Orang tuanya Mark and Margaret menemukan tubuhnya ke keesokan paginya saat dia tidak muncul untuk sarapan pagi. Pengadilan koroner telah mengetahui ABG itu mengeluh mendapat tekanan di sekolah. Dia juga masuk di kelas yang dijaga dan terpisah dari para penghinanya.[ito]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar