Senin, 10 Agustus 2009

Waduh, Facebook Jadi Lambat


INILAH.COM, Jakarta- Twitter dan Facebook menyatakan mereka mengalami gangguan layanan akibat serangan para hacker. Serangan itu meningkatkan spekulasi, aksi dilakukan secara terkoordinasi terhadap jejaring sosial online.

Twitter, layanan blog mikro sangat popular tak dapat beroperasi akibat serangan yang menghalangi orang memasuki jaringan itu selama beberapa jam pada Kamis (6/8).

Anggota Facebook menghadapi penundaan logging dan pengiriman profil online. Facebook bekerja sama dengan Twitter dan perusahaan pencari internet, Google melakukan penyelidikan lebih jauh, kata seseorang yang dekat dengan Facebook tapi tak memiliki wewenang berbicara pada pers.
Spekulasi beredar di internet halaman jejaring sosial lain juga menghadapi serangan serupa. Situs kurang dikenal, LiveJournal juga menyatakan telah menjadi sasaran peretas, Kamis.

Peristiwa tersebut menyusul gelombang serangan serupa di dunia maya pada Juli yang mengganggu akses ke beberapa jaringan terkenal AS dan Korea Selatan, termasuk halaman Gedung Putih.

Dinas mata-mata Korea Selatan saat itu menyatakan Korea Utara mungkin berada di belakangan semua serangan tersebut.

Pendiri bersama Twitter, Biz Stone, mengatakan di halaman Twitter telah menjadi korban serangan DOS. Teknik itu digunakan peretas untuk melumpuhkan server.

"Kami mempertahankan diri melawan serangan ini sekarang dan akan terus memodernkan status blog kami sementara kami terus mempertahankan diri dan melakukan penyelidikan," tulis Stone.

Google mengatakan dalam pernyataan yang dikirim melalui surat elektronik jejaring tersebut mengadakan kontak dengan beberapa situs yang juga terkena dampak serangan Kamis guna membantu penyelidikan.

"Sistem Google mencegah dampak besar pada layanan kami," demikian isi pernyataan tersebut.[ito]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar